Selasa, 04 November 2014

Warisan Kuliner - Mobile Apps untuk Pecinta Kuliner Indonesia

Coba, jaman sekarang ini siapa yang belum pakai smartphone? Kali ini saya mau bahas hubungan smartphone dengan hobi makan saya. Sebagai salah satu pengamat perkembangan dunia kuliner di ibukota, dari mana saja sih saya nyari referensi soal tempat-tempat baru atau tempat makan yang populer? Selain tentunya dari blog & socmed teman-teman blogger lainnya saya juga mengisi smartphone saya dengan beberapa aplikasi yang ada hubungannya dengan kuliner, yah intinya yang memudahkan acara food hunting sayalah. Nah, baru beberapa waktu lalu saya mendownload mobile app baru yang agak unik, namanya Warisan Kuliner. Kenapa saya bilang unik? Kurang lebih seperti apps lainnya, Warisan Kuliner memberikan kemudahan untuk usernya melihat review dari restoran yang dicari, juga rating, dan lokasi tempat tersebut, tapi Warisan Kuliner ini mengkhususkan diri pada kuliner nusantara mulai dari restoran besar sampai ke tempat-tempat kecil yang mungkin hanya diketahui oleh penduduk lokal, dan range-nya ga cuma di Jakarta aja, tapi kota-kota lain di Indonesia.


App ini dikeluarkan oleh Bango (iyah, produk kecap itu), yang mungkin seperti kita sudah tahu seringkali mengadakan festival jajanan nusantara di berbagai kota di Indonesia. Nampaknya emang Bango ini sangat kekeuh dalam hal melestarikan kuliner nusantara. Apa saja sih fitur dari app ini? Satu yang paling penting adalah 'Kuliner Terdekat'. Pas saya lagi iseng-iseng nyobain fitur ini di kantor, keluarlah berbagai tempat makan yang memang lokasinya dekat-dekat dengan kantor, lumayan deh buat ditambah dilist hunting atau jadi referensi kalau lagi bingung mau makan siang di mana. 


Lalu saya cobain lagi fitur lainnya yang namanya 'Tunjukan Jalan', jadi kalau pake fitur ini, kita bakal diarahin dari tempat kita berada ke tempat makan yang dituju. Nikmatnya hidup di jaman teknologi maju yah, gak perlu susah-susah nyari jalan.


Selain itu ada juga fitur 'Berbagi Kuliner' di mana kita juga bisa ikutan kasih rating & review juga upload foto makanan di tempat makan yang sudah kita cobain, dan bisa langsung dishare ke FB dan Twitter kita (penting bingits buat anak socmed). 


Oiyah, satu lagi yang gak kalah penting. Promo! Jadi ada juga fitur promo di mana kita bisa ngecek, promo apakah yang lagi berlaku saat itu? Misalnya nih, bulan ini apps Warisan Kuliner lagi kerja sama dengan Ayam Bakar Mas Mono.


Overall, menurut saya apps ini sih perlu banget buat saya atau manusia-manusia sejenis saya yang hobinya nyari makan terus terutama makanan lokal. Emang susah kalau lidahnya made in Indonesia, mau seenak apapun makanan ala luar negeri, ujugn-ujungnya juga nyari kuliner Nusantara. Oiyah, buat yang mau download app  ini (BlackBerry, iPhone, Android) bisa langsung ke http://bit.ly/BangoApp . Selamat mencoba dan berbagi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar